ProKontra, Magetan – Koperasi Syariah MSI akhirnya menyampaikan klarifikasi resmi terkait polemik dana anggota yang belakangan memicu keresahan.
Melalui konferensi pers singkat di Kantor MSI, Desa Ndriyorejo, Kecamatan Nguntoronadi, Senin (28/04/2025), manajemen menyatakan permintaan maaf dan berkomitmen untuk menyelesaikan seluruh kewajiban kepada nasabah.
Wawan Wandoyo, mewakili manajemen Koperasi Syariah MSI menegaskan bahwa koperasi saat ini tengah menjalankan proses pengembalian dana dengan penuh tanggung jawab dan kehati-hatian.
“Sehubung adanya pertanyaan dan permintaan klarifikasi terkait pengembalian dana anggota, kami ingin menyampaikan bahwa proses pengembalian dana saat ini sedang kami jalankan dengan penuh tanggung jawab dan kehati-hatian,” jelas Wawan.
Dalam pernyataannya, Wawan menambahkan bahwa manajemen memahami sepenuhnya hak para anggota dan berkomitmen untuk menyelesaikan seluruh kewajiban secara bertahap.
“Sekali lagi kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi dan kami pastikan seluruh dana anggota akan kami kembalikan, demikian klarifikasi ini kami sampaikan,” tutupnya.
Namun, alih-alih menenangkan, klarifikasi tersebut justru menimbulkan kekecewaan. Salah satu nasabah, Queen (nama samaran), mengaku tidak puas dengan penjelasan yang diberikan karena tidak ada kejelasan waktu pengembalian dana.
“Bagaimana saya tidak kecewa, saya saat ini sedang sakit dan membutuhkan biaya yang cukup besar,” ungkap Queen.
Queen menceritakan, selama tiga tahun menjadi anggota, koperasi berjalan lancar tanpa kendala. Namun, ketika ia sangat membutuhkan dana untuk biaya rumah sakit, koperasi justru bermasalah. Ia bahkan terpaksa menggadaikan slip deposito demi membayar kebutuhan medisnya.
Queen berharap ada solusi cepat dari Koperasi Syariah MSI agar nasabah yang membutuhkan segera mendapatkan haknya.